Pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp dan sosial media Facebook dan Instagram mengalami kesulitan karena down beberapa jam yang lalu. 

INFOSAWANGAN.COM - Layanan milik Facebook Inc., seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp down di sejumlah negara sejak dini hari ini, Selasa (5/10/2021), termasuk di Indonesia. 

Pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi. Mereka pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi. 

“Kami menyadari beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook. 

WhatsApp juga memberikan penjelasan serupa, “Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” tulis WhatsApp. 

Laporan gangguan itu bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara, seperti dari Asia Tenggara dan bahkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. 

Pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi. 

Sampai saat ini belum jelas apa yang menjadi penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp down malam tadi.