Agar tepat sasaran pembelian BBM Subsidi, pemerintah akan menerapkan pembelian Solar dan Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina.

Infosawangan - Untuk mengatur pembelian BBM Subsidi seperti Solar dan Pertalite akan diberlakukan menggunakan aplikasi MyPertamina. Jadi, penyaluran BBM subsidi ini diharapkan tepat pada sasaran L.

Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menuturkan pihaknya dengan PT Pertamina (Persero) tengah membahas upaya percepatan registrasi ke MyPertamina.

Dalam penerapan penggunaan aplikasi MyPertamina ini memang akan dihadapkan kondisi masih banyaknya masyarakat yang bukan pengguna smartphone. Perihal teknis di lapangan masih terus dikaji dan disosialisasikan terlebih dahulu.

Senada, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting mengatakan, terkait penerapannya akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu agar memastikan masyarakat memiliki akses terhadap layanan MyPertamina.

Menurut dia, rencana penggunaan MyPertamina dalam pembelian BBM Subsidi (Solar dan Pertalite) sampai saat ini masih terus dipersiapkan. Ia menuturkan, saat ini juga sedang fokus pada penentuan kriteria penerima BBM bersubsidi.

"Jadi masih dalam proses, karena yang utama saat ini adalah penentuan kriteria penerima subsidi," ungkap Irto.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan, para pelanggan nantinya akan diminta untuk mengisi data diri di aplikasi MyPertamina. Dan kemudian akan diverifikasi oleh pihak BPH Migas untuk memastikan pembeli Solar dan Pertalite tepat pada sasaran, yaitu pelanggan yang berhak.