Lonjakan kasus Covid-19 bulan ini membuat rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia hampir penuh. Untuk meminimalisir antrean panjang, sekarang calon pasien bisa cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit melalui Siranap.
Gambar: Tampilan halaman depan app Siranap

INFOSAWANGAN.COM - Banyaknya kasus Covid-19 menimbulkan antrian rumah sakit di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat. Sebelum mendatangi dan menghadapi antrean panjang, ada baiknya cek dahulu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Sekarang calon pasien sudah bisa cek ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Siranap secara online. Dengan demikian, pasien tidak akan kecewa karena sudah terlanjur datang dan antre ke rumah sakit ketika tidak mendapat tempat tidur atau ruang perawatan.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (23/6/2021), berdasarkan data dari Satgas Penananganan Covid-19, untuk 6 provinsi di Pulau Jawa, tingkat keterisian tempat tidur atau BOR, rata-rata ada di atas 80 persen, khususnya di daerah Jawa Barat, yaitu 86,36 persen.


Inilah tata cara cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit

Untuk mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di seluruh Indonesia, Anda bisa mengunjungi laman https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

Berikut langkah-langkahnya:

1. Kunjungi laman https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/

2. Pilih menu kotak warna biru yang bertuliskan Tempat Tidur Covid-19 untuk calon pasien penderita Covid, atau pilih menu kotak warna merah muda bertuliskan non Covid untuk calon pasien penderita penyakit selain Covid-19.

3. Kemudian pilih provinsi yang diinginkan, pilih kabupaten/kota, dan klik Cari

4. Daftar nama rumah sakit akan muncul.

5. Anda bisa klik satu per satu dari daftar tersebut untuk melihat ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

Berdasarkan penelusuran Infosawangan.com, data tempat tidur pasien Covid-19 di RS Umum Daerah Kota Depok pukul 11:46 WIB (30/6/21) tempat tidur di IGD khusus Covid-19 hanya ada 1 yang kosong.

Demikian pula di ICU Tekanan Negatif dengan Ventilator, hanya tersisa 1 yang kosong.

Begitulah cara cek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit melalui Siranap. Sebelum mengantri, cek terlebih dahulu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit agar tidak memakan waktu jika tempat tidur di rumah sakit yang di tuju sudah tidak tersedia atau penuh.


Penulis: Muhammad Agustiar

Editor: Risma Ayu A.