Tahukah kamu, bahwa ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi keakuratan tes HIV?

Millennials, seringkali untuk pertama kalinya muncul pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang harus disiapkan sebelum tes HIV atau VCT (Voluntary Counselling and Testing) agar hasilnya akurat? Atau kamu penasaran, seperti apa sih formulir yang akan kita isi? Simak beberapa poin ini, yuk!

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum tes HIV:

Ketahui bahwa kamu orang yang berisiko HIV

Orang yang berisiko HIV adalah orang-orang yang melakukan tindakan berisiko seperti seks bebas tanpa kondom, bergonta-ganti pasangan, berbagi jarum suntik secara bersamaan, dan tentunya bayi yang sedang dalam masa ASI oleh ibu +HIV.

Tepatkan tanggalnya

Waktu yang baik untuk menjalankan tes HIV adalah kurang lebih 3 bulan setelah melakukan tindakan berisiko. Menurut World Health Organisation, ada periode masa jendela dimana orang yang terpapar virus HIV tidak mengetahui bahwa ia terinfeksi virus HIV. Pada masa jendela ini pula, virus HIV membentuk antibodi dalam darah sampai virus dan infeksinya terdeteksi dalam tubuh.

Jujur

Untuk melakukan serangkaian tes HIV, kamu harus isi beberapa data di formulir yang disiapkan di rumah sakit atau klinik yang kalian pilih. Isi data-datamu dengan jujur terutama pada pertanyaan seputar history berisiko kamu seperti jika kamu sudah aktif secara seksual, kapan terakhir kamu melakukan hubungan seks, apakah kamu pernah bergantian jarum suntik, dan tindakan risiko lainnya agar hasil dan riwayat perjalananmu akurat, ya!

Siap

Banyak sekali stigma negatif tentang HIV dan orang yang akan melakukan tes HIV. Namun jangan khawatir, jika kamu siap kamu akan mematahkan stigma negatif ini, lho! Jadi, jangan takut. Dokter dan tenaga medis akan mendampingimu. 

Jadi, inilah hal-hal yang kamu dapat siapkan sebelum tes HIV. Catat dan cocokan poin-poin ini dengan riwayat tindakan berisiko untuk hasil yang akurat, ya! Ingat, catatan riwayatmu akan membantu prosesmu dengan dokter untuk mendiagnosis apakah kamu HIV reaktif atau non-reaktif.