Hand sanitizer dan disinfektan karya anak asuh Wisma Karya Bakti.
Sumber: Panti Asuhan Wisma Karya Bakti

INFOSAWANGAN.COM, BOJONGSARI (27/06) - Biasanya sampah rumah tangga terutama sampah organik menjadi permasalahan bagi sejumlah warga. Namun, sampah rumah tangga bisa disulap menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Hal inilah yang dilakukan oleh anak-anak asuh Hafizh Enterpreneur School, Panti Asuhan Wisma Karya Bakti, Minggu siang ini yang baru saja menyelesaikan pembuatan “Eco Enzyme” dari sayur dan buah yang dimentori oleh Iqbal Firdaus, santri kelas 12 SMK, dan Solehudin, santri kelas 11 SMK.

Sumber: Panti Asuhan Wisma Karya Bakti

"Eco enzim ini kami buat untuk kegunaan pohon atau tanaman, serta sayur-mayur yang kami tanam. Sehat bukan?" Ujar Syahrial Voluteer Panti Asuhan Wisma Karya Bakti kepada Info Sawangan, Senin (28/06).

Melalui kegiatan ini, anak asuh Panti Asuhan Wisma Karya Bakti mengubah sampah organik menjadi produk hand sanitizer dan disinfektan yang bisa digunakan untuk mencegah Covid-19.

Syahrial mengatakan, "bahwa sampah organik buah-buahan, sayur atau khususnya sisa sayur-mayur yang selama ini dibuang begitu saja, bisa diolah menjadi produk eco enzyme."

Sumber: Panti Asuhan Wisma Karya Bakti

Produk eco enzyme ini tidak hanya bisa digunakan untuk hand sanitizer dan disinfektan, tetapi di antaranya digunakan untuk berbagai manfaat, seperti; untuk mencuci perabot rumah tangga, pembersih WC, pembersih lantai, pengganti deterjen, sabun, atau obat penyembuh luka.

Dalam proses pembuatan eco enzyme, dibutuhkan bahan-bahan yang tidak terpakai lagi. Bahan tersebut antara lain 10 liter air, bahan organik 1.800 gram, dan gula merah 600 gram.

“Semua bahan yang telah disebutkan, dicampur ralam suatu wadah kedap udara, dan difermentasi selama tiga bulan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Produk eco enzyme murni, kalau mau dipakai untuk berbagai keperluan tinggal ditambahkan air. Untuk hand sanitizer, satu banding tiga yaitu satu bag eco enzyme ditambah tiga bagian air bersih” jelas Syahrial di Bojongsari, Senin (28/06).

Ia menjelaskan beberapa manfaat eco enzyme antara lain dapat membantu mengurangi limbah atau sampah organik basah sehingga zero waste, hingga membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya penggunaan pembersih rumah tangga termasuk disinfektan yang ramah lingkungan.


Penulis : Rama Nugraha P

Editor: Risma Ayu A.