Beberapa waktu terakhir, beredar pesan berantai bahkan ada juga di media sosial, yang berisi link untuk mengecek daftar nama penerima bantuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

INFOSAWANGAN.COM - Melalui medsos WhatsApp, beredar tautan pengecekan nama penerima bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode Juli. Tautan tersebut disebarkan melalui salah satu akun di Facebook. 

Dalam pesan tersebut tertulis “Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp 300.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap

http://bungappkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli. Program ditutup 3 Hari Lagi“. 

Melalui akun instagram resmi @kemensosri, Kementerian Sosial menegaskan tidak pernah menyediakan website untuk pendaftaran penerima bantuan. 

Informasi itu tertulis, “Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial TIDAK PERNAH membuat website untuk mendaftaran penerima bantuan sosial Rp300.000. Apalagi berbentuk pesan berantai.”

Dalam unggahan itu, Kemensos mengimbau masyarakat untuk berhenti membagikan pesan berantai tersebut. 

“Jika kalian mendapatkan pesan di atas, stop di kamu, ya. Jangan disebarluaskan karena itu hoaks. Yuk pastikan saring sebelum sharing!” tulisnya. 

Kemensos menegaskan, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu/bulan melalui PT Pos Indonesia. Sedangkan untuk mengecek kepesertaan BTS, masyarakat dapat mengakses website resmi https://cekbansos.kemensos.go.id.


Penulis: Insani Putri P.

Editor: Risma Ayu A.