Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. berikut syarat serta cara mendaftar Kartu Prakerja 2022.

Infosawangan - Sejak gelombang 1 dibuka pada 11 April 2020 lalu hingga saat ini program kartu prakerja masih dibuka dan belum dipastikan kapan berakhirnya. Dikutip dari laman CNN Indonesia, bantuan program kartu prakerja 2022 menyediakan alokasi kuota peserta baru sebanyak 4,5 juta. Nantinya terbagi dalam beberapa gelombang selama tahun 2022 berlangsung. 

Sehingga, peluang untuk ikut dalam program pelatihan tersebut masih terbuka lebar bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan dan bagi mereka yang gagal pada tahapan gelombang prakerja sebelumnya.

Maka dari itu agar berhasil pada gelombang prakerja ditahapan berikutnya, simak beberapa syarat dan tips agar lolos daftar prakerja 2022 berikut ini.

6 Persyaratan Daftar Kartu Prakerja 2022

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lolos yakni dengan memenuhi persyaratan yang sebelumnya telah ditentukan oleh Pemerintah, diantaranya sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat daftar prakerja pertama adalah harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia dengan dibuktikannya melalui kepemilikan KTP Indonesia.

2. Usia Minimal 18 Tahun 

Syarat daftar prakerja 2022 lainnya pastikan sudah mencapai minimal 18 tahun atau lebih. Karena 18 tahun telah dianggap dewasa dan tidak diperlukan lagi perwakilan dari orang tua atau lainnya.

3. Tidak Sedang Menempuh Pendidikan

Pastikan Anda tidak sedang menempuh pendidikan di sekolah atau dibangku kuliah. Itu artinya pelajar dan mahasiswa tidak di izinkan mengikuti program pelatihan ini.

4. Tidak Pernah Menerima Bansos Pemerintah

Pastikan pula Anda tidak menerima bantuan sosial dari pemerintah seperti BLT dana desa, BLT UMKM, PKH, BSU dan sebagainya. 

5. Bukan Pejabat Negara

Syarat selanjutnya adalah bukan dari pejabat yang bekerja di pemerintahan seperti PNS, DPR, TNI dan lainnya.

6. Bukan Pendaftar yang Telah Lolos di Tahun Sebelumnya

Jika sebelumnya telah dinyatakan lolos dan mendapatkan insentif dari prakerja, maka tidak diperkenankan kembali untuk mendaftarkan diri ke gelombang prakerja berikutnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2022

Setelah mengetahui beberapa persyaratan dan memenuhinya, sekarang Anda dapat memahami cara daftar kartu prakerja 2022. Ikuti tahapan setiap tahapannya berikut ini:

  1. Kunjungi link pendaftaran kartu prakerja www.prakerja.go.id. Selanjutnya pilih “Daftar Sekarang”.
  2. Daftarkan email aktif dan password yang akan digunakan untuk login ke dasboard akun prakerja. Klik tulisan “Daftar”.
  3. Silahkan buka email tersebut dan segera verifikasi. Setelah berhasil, loginlah ke dasboard prakerja.
  4. Proses berikutnya yakni melakukan verifikasi KTP, Kartu Keluarga. Kemudian, klik “lanjut”. 
  5. Selanjutnya update data diri menyesuaikan dengan data identitas yang tertera di KTP dan KK.
  6. Verifikasi foto KTP, unggah foto e-KTP asli sesuai aturan yang disediakan, kemudian pilih “kirim foto”.
  7. Ambil foto selfie sesuai aturan yang tertulis dan pilih “kirim foto”.
  8. Lakukan verifikasi nomor HP, pilih klik “kirim kode OTP”. Cek ponsel dan buka SMS, berikutnya Input kode OTP pada kotak isian yang telah disediakan.
  9. Jawablah pertanyaan yang disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Pilih “klik lanjut”.
  10. Ada beberapa soal yang merupakan “Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar” yang harus dijawab dengan benar. Berikutnya pilih “Lanjut ke Dashboard” jika telah menyelesaikan dan menjawab pertanyaan tersebut.
  11. Lihatlah menu “Gelombang Pelatihan”, klik tombol “Gabung”. Kemudian, tunggulah TIM prakerja melakukan review data yang telah Anda kirimkan. Cek secara berkala setiap harinya.

Jika tulisan Gabung belum tersedia, itu artinya gelombang prakerja 2022 belum dibuka. Disarankan agar selalu memantau informasi terbaru pendaftaran program kartu prakerja melalui Instagram resmi di Prakerja.go.id.


Baca Juga :


3 Tips Agar Lolos Daftar Kartu Prakerja 2022

Tak sedikit orang yang mendaftar kartu prakerja 2022 mengalami kegagalan bahkan hingga berkali - kali. Maka dari itu, jangan sampai hal tersebut terjadi pada diri Anda. Sebaiknya ikuti beberapa tips agar lolos daftar prakerja 2022 berikut ini:

1. Gunakan Data Pribadi

Pastikan Anda menggunakan identitas sendiri menggunakan Kartu Tanda Penduduk milik sendiri dan mencantumkan nomor pnsel yang valid untuk verifikasi serta mengunggah foto KTP dengan benar sesuai ketentuan.

2. Jawab Pertanyaan Tes Dengan Benar

Tips agar lolos daftar kartu prakerja 2022 yakni dengan menjawab pertanyaan “Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar”. Jika Anda masih ragu, cobalah untuk mencari informasi jawaban di internet atau channel youtube.

3. Pastikan Data Benar

Lakukan pengecekan data berkali - kali sebelum mengisi data yang telah disediakan. Sedikit saja salah, maka kemungkinan Anda tidak akan lolos.

Nantinya peserta yang telah menyelesaikan program kartu prakerja 2022 akan diberikan insentif sebesar 2,4 juta secara bertahap terbari dalam 4 bulan dan mendapatkan insentif survey sebesar 150ribu. Sehingga total insentif prakerja yang didapatkan yakni, 2,55 juta.