Memperingati Kemerdekaan Indonesia, upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih tetap dilaksanakan di Istana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

INFOSAWANGAN.COM (17/08) - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas dalam upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2021) telah ditentukan.

Tiga anggota Paskibraka ditunjuk sebagai pengibar, pembentang, dan pengerek bendera. Ketiganya berasal dari Kelompok 8. "Yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo," demikian dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Kemudian, bertugas sebagai pembentang bendera yakni Dika Ambiya Rahman mewakili Provinsi Jawa Barat. Lalu, Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung. Sementara, anggota yang terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih yakni Ardelia Muthia Zahwa, perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara.

Adapun Paskibraka yang bertugas pada tahun ini dinamakan Tim Indonesia Tangguh. Untuk diketahui, anggota Paskibraka 2021 total berjumlah 68 orang yang akan dibagi menjadi tim upacara pagi dan sore. Ke-68 anggota tersebut berasal dari perwakilan 34 provinsi di Indonesia. Seluruhnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Agustus 2021.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar digelar dengan sangat terbatas dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona. Masyarakat dapat mengikuti jalannya upacara secara virtual. "Pemerintah masih menjalankan upacara digelar secara minimalis, juga sesuai protokol kesehatan ketat dan masyarakat berpartisipasi secara daring," kata Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).