Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Jakarta resmi membuka pendaftaran lewat jalur mandiri
UPN Veteran Jakarta/ Foto: Rifkianto Nugroho

Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Jakarta resmi membuka pendaftaran lewat jalur mandiri pada Selasa (14/6/2022). Pendaftaran akan dibuka hingga Senin (27/6/2022) pukul 23.59 WIB melalui laman: https://pendaftaran.upnvj.ac.id/.

Dalam seleksi mandiri ini, peserta diwajibkan untuk mengikuti UTBK 2022. Skor tersebut akan menjadi komponen penilaian tunggal karena tidak ada ujian tulis dalam Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (SEMA S1 UPNVJ).

Pendaftar diwajibkan membayar biaya pendaftaran Rp 275 ribu dan gratis bagi peserta KIP Kuliah. Tertarik mengikuti Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta? Simak informasi lengkapnya dikutip dari laman resmi UPN Veteran Jakarta.

Persyaratan Pendaftaran SEMA S1 UPN Veteran Jakarta 2022

  1. Pendaftar SEMA S-1 UPNVJ berasal dari peserta UTBK - SBMPTN Tahun 2022
  2. Pendaftar yang tidak memilih program studi di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN Tahun 2022 dapat mengikuti SEMA S-1 UPNVJ Tahun 2022
  3. Pendaftar dapat memilih program studi yang sama dengan atau berbeda dari pilihan pada SBMPTN Tahun 2022 dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pendaftar yang mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun 2022 pada kelompok ujian sains dan teknologi hanya dapat memilih kelompok program studi sains dan teknologi (Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Industri, Teknik Elektro, Informatika, Sistem Informasi, Kedokteran, Farmasi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Gizi, dan Fisioterapi).
  • Pendaftar yang mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun 2022 pada kelompok ujian sosial humaniora hanya dapat memilih kelompok program studi sosial humaniora (Manajemen, Akuntansi, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Hukum, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, dan Ilmu Politik).
  • Pendaftar yang mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun 2022 pada kelompok ujian campuran dapat memilih semua program studi. Pendaftar hanya dapat memilih 2 (dua) program studi

Alur Pendaftaran SEMA S1 UPN Veteran Jakarta 2022

1. Menuju ke laman https://pendaftaran.upnvj.ac.id/s1.html pilih pendaftaran S1 dan pilih Daftar Sekarang pada Program Sarjana (S1) - Sema S1 2022

2. Pendaftar memasukkan nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, nomor peserta UTBK - SBMPTN Tahun 2022, NISN, NPSN, nomor telepon seluler, dan alamat email untuk mendapatkan Nomor Formulir dan Personal Identification Number (PIN). Pastikan menggunakan alamat email yang aktif.

3. Pendaftar akan diminta konfirmasi data UTBK - SBMPTN. Jika sesuai maka dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan klik tombol "Simpan"

4. Pendaftar akan diberikan informasi mengenai Nomor Formulir dan PIN yang akan dikirimkan melalui email. Pendaftar diminta mencatat dan menyimpan Nomor Formulir dan PIN.

5. Pendaftar melakukan pembayaran melalui BNI untuk mengaktifkan PIN. Petunjuk pembayaran dapat dilihat pada laman https://penmaru.upnvj.ac.id/cara-pembayaran.

6. Setelah melakukan pembayaran, Nomor Formulir dan PIN sudah bisa digunakan untuk login dan melanjutkan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengunggah pas foto
  2. data pribadi yang meliputi Biodata dan data orangtua atau wali
  3. Mengisi data asal sekolah
  4. Memilih program studi pilihan 1 dan 2
  5. Memilih jalur seleksi Akademik
  6. Mengisi kesanggupan pembayaran Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
  7. Mengunduh, mencetak, mengisi, dan mengunggah surat pernyataan kesanggupan membayar SPI dan UKT
  8. Memeriksa data yang telah diisi. Jika sudah sesuai maka klik "Finalisasi". Jika sudah klik" Finalisasi" maka data akan terkunci dan tidak dapat di edit.
  9. Mencetak Kartu Tanda Peserta (Nomor Peserta SEMA S-1 UPNVJ)

Jadwal SEMA S1 UPN Veteran Jakarta 2022

  • Pendaftaran: 14 Juni 2022 (11.00 WIB)-27 Juni 2022 (23.59 WIB)
  • Pembayaran, Pengisian Data, dan Cetak Kartu Ujian: 14- 28 Juni 2022
  • Pengumuman: 12 Juli 2022 (15:00 WIB)

Demikian informasi mengenai persyaratan pendaftaran, alur, dan jadwal SEMA S1 UPN Veteran Jakarta 2022. Selamat mendaftar.