Selain modus pencurian dengan mengaku sebagai petugas kesehatan, para tindak kriminalpun tidak kehabisan akal untuk melakukan tindakan kriminal.

Belum lama warganet diramaikan oleh pencurian dengan modus mengaku sebagai petugas kesehatan. Alih alih sebagai petugas kesehatan gadungan, merekapun bergerak cepat mencuri barang berharga milik warga yang dikunjunginya. 

Tidak sampai disitu saja, kini para tindak kriminalpun menggunakan cara lain yang lebih modern dengan menggunakan teknologi untuk mencuri data masyarakat. Data yang dicuripun tidak tanggung-tanggung, mereka bisa saja membobol isi rekening, saldo ecommerce maupun transaksi belanja dengan menggunakan kartu kredit yang sudah terdaftar. 

Lalu bagaimana cara agar kita terhindar dari tindakan tersebut? 

Di masa pandemi ini memang banyak dampak yang ditimbulkan. Mulai dari WFH, pengurangan gaji, sampai pengurangan karyawan. Tentu ini dampak yang sangat signifikan bagi para karyawan yang menggantungkan nasib pada pekerjaannya. Dengan berkurangnya pendapatan, kita mulai terpacu untuk mendapatkan penghasilan lebih guna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Modus inipun sangat memanfaatkan keadaan dimasa sulit seperti ini. Banyak yang menawarkan promo-promo, giftaway, bantuan pandemi, sampai membagikan hadiah pada hari tertentu. Dengan pencurian menggunakan teknologi, tidak sedikit yang akan menyebarkan link-link menarik untuk diikuti oleh warganet yang tergiur.

Nah, tindakan yang harus kita lakukan adalah 

1. Untuk tidak mengklik link yang tidak jelas berasal dari mana, 

2. Tidak mudah tergiur apalagi dimasa sulit seperti ini, 

3. Menghindari mengakses informasi yang tidak valid, 

4. Waspada dengan sesuatu yang mencurigakan seperti menerima telepon yang tidak dikenal,

5. Tidak asal menginput data pada aplikasi tidak penting,

6. Selalu melakukan transaksi sesuai prosedur,

7. Jangan mudah membagikan informasi penting.

Penipuan online ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu kita diharapkan untuk tetap waspada dan berhati hati dalam melakukan sesuatu.