Aparatur Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, mengelar pembinaan terhadap anggota perlindungan masyarakat (Linmas).
Sumber Foto: RADARDEPOK.COM

INFOSAWANGAN.COM - Pembinaan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Linmas dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Lurah Sawangan, Rahwana menegaskan, seorang Linmas harus aktif dalam berbagai kegiatan. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu sebagai Linmas harus mengetahui serta memberikan laporan karena Linmas itu pelindung masyarakat.

“Linmas bukan hanya sebagai jaga parkir saat ada hajatan, tapi juga harus aktif membantu kegiatan di kelurahan dan berperan aktif di masyarakat,” tegasnya, Kamis (1/7/21).

Pihaknya melakukan pertemuan secara rutin terhadap Linmas minimal sebulan sekali. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kegiatan apa saja yang sudah dilakukan. Beliau menambahkan, Linmas diberdayakan di kelurahan untuk membantu aparatur pemerintah.

Beliau berkata, selain memberikan perlidungan kepada masyarakat, Linmas juga ikut membantu melakukan imbauan protokol kesehatan terkait dengan pencegahan penularan virus Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Imbauan prokes ini dilakukan Linmas bersama tiga pilar secara rutin,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Linmas Kelurahan Sawangan, Ida Nurmala mengatakan, pembinaan terhadap Linmas dilakukan agar setiap anggota Linmas mengetahui tugas dan fungsi, yakni pengamanan dan perlindungan masyarakat.

Selain itu, ucap Ida, sebagai Linmas juga harus tanggap terhadap bencana, dengan melakukan turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat, kemudian membuat laporan. 

“Pembinaan ini sangat penting untuk diketahui anggota Linmas sehingga tugas dan fungsi berjalan dengan baik,” kata Ida.

Beliau menyebutkan, jumlah peserta dalam pembinaan Linmas ini sebanyak 10 orang dari 20 anggota Linmas yang ada se-Kelurahan Sawangan.

“Kami berikan pelatihan dalam dua gelombang, untuk menghindari kerumunan, mengingat saat ini kondisi masih pandemi,” tutup Ida Nurmala selaku koordinator Linmas Kelurahan Sawangan. 


Sumber: Radardepok.com


Editor: Muhammad Agustiar & Risma Ayu A.