Strawberry Full Moon, Bulan Purnama pertama setelah titik balik matahari akan terjadi pada 24 Juni 2021. Cari tahu apa itu Strawberry Moon dan kapan melihatnya!

Apa itu Strawberry Moon? 

Strawberry Moon, biasanya Bulan Purnama pertama atau terakhir dalam satu musim

Masalahnya, setiap Bulan Purnama memiliki namanya sendiri.  Nama-nama ini biasanya tidak ada hubungannya dengan warna asli satelit alami kita, seperti Bulan Merah Muda.  

Sebaliknya, budaya kuno menamai Bulan Purnama berdasarkan perilaku tumbuhan, hewan, atau cuaca selama bulan tertentu dan kami masih terus menggunakan nama-nama ini. 

Nama alternatif Bulan Purnama bulan Juni adalah Bulan Mawar, yang menunjukkan panen mawar di Eropa dan Bulan Panas, karena datang dengan awal cuaca musim panas di Belahan Bumi Utara. 

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta LAPAN tidak menyediakan link streaming untuk mengamati fenomena ini.

Kapan Strawberry Moon pada tahun 2021? 

Fase puncak Strawberry Supermoon terjadi pada Jumat, 25 Juni 2021 pukul 01.39.33 WIB atau 02.39.33 Wita atau 03.39.33 WIT. 

Secara tradisional, Bulan purnama pada Juni disebut Bulan Purnama Stroberi atau Full Strawberry Moon, karena di belahan utara Bumi, buah stroberi menjadi matang dan siap untuk dipanen. 

Bulan purnama dapat disaksikan pada malam sebelumnya atau 24 Juni 2021, sebelum terbenam Matahari dari arah timur-tenggara. 

Kemudian, berkulminasi keesokan harinya atau 25 Juni 2021 sekitar tengah malah di arah selatan dan terbenam setelah terbit Matahari di arah barat-barat daya. 

Pada kenyataannya, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengamati Bulan Purnama lebih lama, ia akan tampak "penuh" selama beberapa hari, terutama dengan mata telanjang. 

Untuk mendapatkan waktu yang akurat, masyarakat dapat mengecek di beberapa aplikasi seperti Live Start Chart, Daffmoon, Sun Surveyor, dan Stellarium Mobile.

Penampakan Strawberry Supermoon 

Strawberry Supermoon tidak berwarna merah.Bulan tetap berwarna putih kekuningan seperti warna bulan biasanya. 

Warna kemerahan yang timbul sebenarnya hanya bisa terlihat saat bulan masih di ufuk rendah atau ketinggian kurang dari 4 derajat.Warna bulan yang kemerahan bisa terlihat salah satunya saat gerhana bulan

Fakta yang menarik 

Full Strawberry Moon akan meniru titik balik matahari Desember karena Bulan Purnama ini terjadi di sekitar titik balik matahari bulan Juni.  Apa artinya? Bulan akan tetap relatif rendah di atas cakrawala di Belahan Bumi Utara, sama seperti Matahari di sana selama titik balik matahari Desember.  Di utara Lingkaran Arktik, Bulan tidak akan naik di atas cakrawala sama sekali.  Dan sebaliknya, di belahan bumi selatan, Anda dapat melihat Bulan tinggi di langit.  Di selatan Lingkaran Antartika, ia akan berada di langit 24 jam. 

Bulan Purnama pertama musim ini 

Biasanya, ada tiga Bulan Purnama dalam satu musim astronomi — periode antara titik balik matahari dan ekuinoks (atau sebaliknya).  Tapi terkadang, ada empat Bulan Purnama dalam satu musim. 

Berikut penampakannya di tahun 2021: 

- Solstice on June 21 

- Full Strawberry Moon pada  24 Juni 

- Full Buck Moon pada 24 Juli 

- Full Sturgeon Moon pada 22 Agustus 

- Full Harvest Moon pada 20 September 

- Equinox pada 22 September 

Yang ketiga dari empat Bulan Purnama dalam satu musiTitikm disebut Bulan Biru pada tahun 2021, itu akan menjadi Bulan Purnama Agustus.  Bulan Purnama ekstra seperti itu terjadi setiap dua setengah tahun atau lebih dan kali berikutnya akan terjadi pada tahun 2023. 

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Bulan Strawberry dan di mana Bulan Purnama mengambil nama mereka secara umum, inilah saatnya untuk mencoba kuis yang menyenangkan dan mendidik tentang warna Bulan dan menguji pengetahuan astronomi Anda yang telah ditingkatkan.  Jika Anda memiliki ide dan saran untuk kuis kami di masa mendatang, beri tahu kami di media sosial. 

Semoga langit cerah dan pengamatan Anda menyenangkan!