Kecamatan Sawangan bertekad mewujudkan Kecamatan Layak Anak. Hal tersebut diturunkan ke tiap kelurahan dan mengadakan penyuluhan mencegah kekerasan terhadap anak dan membentuk RW ramah anak.
foto: radar depok

Info Sawangan - Dalam mencegah kekerasan terhadap anak, Sawangan Depok bentuk Kelurahan Layak Anak (KLA) bersama aparatur Kelurahan Sawangan di aula kelurahan setempat.

Nurdjali, Kasi Kemas Kelurahan Sawangan mengatakan, tujuan dari pembentukan RW ramah anak untuk memanfaatkan dan menyatukan potensi dan sumber daya yang ada dimasyarakat dalam upaya memenuhi hak-hak anak. Selain itu untuk mengoptimalkan peran masyarakat maupun keluarga dalam upaya mewujudkan lingkungan yang layak bagi anak.

Dikutip dari Radar Depok, “Selanjutnya, menjamin dalam setiap kegiatan di lingkungan masyarakat dalam memperhatikan kebutuhan dan aspirasi anak dan tidak ada diskriminasi terhadap anak”

“Pembentukan RW ramah anak itu memang diharuskan, karena KLA merupakan salah satu program dari Pemkot Depok. Dalam kegiatan yang berlangsung, baru empat RW yang terbentuk, yakni RW4, RW5, RW1 dan RW3,” ungkapnya.

Empat RW yang sudah terbentuk, lanjut Nurdjali, terdiri dari terdiri dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Kelurarga (TP PKK) kelompok masing-masing RW, kader kesehatan dan berbagai struktur organisasi dari elemen masyarakat yang ada di RW tersebut.

Selain itu, Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengungkapkan  program yang digencarkan Pemkot demi kebaikan bersama, terutama dalam pemenuhan hak anak.

“Kami dari Kecamatan Sawangan sangat mendukung program KLA, sesuai dengan instruksi Walikota Depok” ucap Camat Sawangan.

“Karenanya, sosialisasi-sosialisasi seperti ini harus dilakukan, dan pesertanya dapat mengaplikasikan dan menyampaikan kembali, minimal ke keluarga dan tetangga di lingkungan” kata Anwar.