Bagaimana kabar terkini sang pendiri Alibaba? Executive Vice Chairman Alibaba, Joe Tsai, yang juga sobat Jack Ma, membeberkannya.
Foto: Financial Times / Jack Ma

Jack Ma belum juga seperti dulu, gemar tampil di publik. Bagaimana kabar terkini sang pendiri Alibaba? Executive Vice Chairman Alibaba, Joe Tsai, yang juga sobat Jack Ma, menuturkannya.

"Dia menghindari sorotan pada saat ini,saya berbicara dengan dia setiap hari," tutur Tsai.

Ia menambahkan Jack Ma saat ini gemar melakukan hobinya.

"Dia sesungguhnya baik-baik saja, sangat baik. Dia melukis sebagai hobi, lukisannya cukup bagus," bilangnya.

Seperti diketahui, Jack Ma seakan menghilang usai tahun silam mengkritik sistem keuangan China. Perusahaannya, Ant Group dan Alibaba diinvestigasi, bahkan Alibaba terkena denda besar. Sedangkan proses IPO Ant Group dibatalkan.

Tsai menyatakan Jack Ma hanyalah manusia biasa dan tidak memegang kekuasaan sangat besar. "Gagasan bahwa Jack Ma punya kekuasaan yang begitu besar saya pikir tidak cukup benar. Dia hanya seperti saya dan Anda, dia individu yang normal," tutur Tsai.

"Dia membangun perusahaan besar dengan skala seperti ini, dia melakukan hal-hal bagus buat masyarakat. Saya pikir hari ini dia hanya ingin berkata, hey, saya ingin fokus menghabiskan waktu sesuai yang saya inginkan, yang adalah berbagai hobi, filantrofi juga," katanya.

Mengenai nasib Alibaba yang diawasi pemerintah China dan kena denda USD 2,8 miliar karena monopoli, Tsai menyatakan perusahaannya hanya menatap ke masa depan.

"Saya pikir Anda harus memisahkan apa yang terjadi dengan Jack Ma dan yang terjadi pada bisnis kami. Bisnis kami berada dalam semacam restrukturisasi di sisi finansial dan juga regulasi monopoli. Kami harus bayar denda besar. Namun itu sudah di belakang kami, jadi kami menatap ke depan," tutup Sang Bos Alibaba.