Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dibutuhkan sebagai syarat administrasi urusan pekerjaan, misalnya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 
Foto : indonesia.go.id

INFOSAWANGAN.COM - Kepolisian memberikan kemudahan kepada publik dengan cara pembuatan SKCK secara online. Karena dalam waktu dekat ini, pembuatan SKCK diprediksi meningkat seiring dengan pendaftaran kesempatan kerja, terutama sektor pemerintah atau sekolah kedinasan. 

Anda hanya perlu mengakses laman https:// skck.polri.go.id/, sehingga tak perlu lagi antre di kantor kepolisian. 

Sama seperti pengajuan secara offline, pemohon juga perlu menyiapkan sejumlah dokumen. Berikut dokumen yang perlu disiapkan untuk mengajukan pembuatan SKCK secara online: 

1. Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli

2. Fotokopi paspor (untuk SKCK Mabes Polri)

3. Fotokopi kartu keluarga (KK)

4. Fotokopi akte lahir/kenal lahir/ijazah

5. Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP

6. Foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka. Bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh. 

Setelah dokumen lengkap, lakukan pengajuan pembuatan SKCK seperti di bawah ini: 

1. Masuk ke laman resmi pendaftaran SKCK online yakni https://skck.polri.go.id 

2. Klik menu di pojok kanan atas dan pilih formulir pendaftaran 

3. Isi formulir tentang jenis keperluan, satwil, identitas pribadi, informasi keluarga, riwayat pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan keterangan lainnya 

4. Untuk kolom "Jenis Keperluan" pada bagian Satwil, isilah alasan Anda mengajukan pembuatan SKCK. Kolom ini akan menentukan tempat di mana SKCK akan dibuat yakni Mabes Polri, Polda, atau Polres 

5. Unggah foto sesuai ketentuan 

6. Lampirkanrumus sidik jari yang didapatkan di kantor Polres sesuai domisili. Bagi yang sudah memiliki rumus sidik jari dari SKCK lama, tak perlu lagi mengurusnya ke Polres. 

7. Setelahformulir selesai diisi, pemohon akan mendapatkan tanda bukti pendaftaran dan nomor yang digunakan untuk pembayaran biaya SKCK online lewat Bank BRI atau secara tunai melalui loket pembayaran di kantor polisi 

8. Setelahmelakukan pembayaran, jangan lupa untuk cetak tanda bukti 

9. Tandabukti pembayaran itu digunakan untuk menerbitkan SKCK di kantor polisi yang telah dipilih.

Untuk biaya pembuatan SKCK ini sendiri sama di setiap daerah di Indonesia, yakni sebesar Rp 30.000. Nantinya setelah SKCK sudah jadi, Anda bisa mengambil di kantor polisi terdekat atau yang sudah terdaftar, dengan membawa berkas-berkas pendukung sebagai konfirmasi dan verifikasi data.