Indonesia kembali menerima vaksin Covid-19 tahap ketujuhbelas pada Minggu (20/6/2021) di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 12.05 WIB.
Foto : okezone.com

INFOSAWANGAN.COM - Pemerintah Indonesia kembali kedatangan vaksin covid-19 Sinovac dari Tiongkok pada 20 Juni 2021. Sebanyak 10 juta bulk vaksin yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, itu merupakan kedatangan tahap ke-17 yang berjarak kurang dari sepuluh hari dari kedatangan satu juta Vaksin Sinopharm pada Jumat, 11 Juni 2021. 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, mengatakan ada 91,5 juta dosis covid-19 dalam bentuk bulk merek Sinovac yang tiba di Tanah Air untuk diproduksi menjadi vaksin covid-19. 

"Kita kedatangan lagi 10 juta vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku sehingga ada total 91 juta vaksin bulk yang akan diproduksi menjadi vaksin jadi," ujar Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, Minggu (20/6/2021). 

Dia memastikan, pemerintah selalu hadir untuk mengamankan kebutuhan vaksin yakni 426,8 juta dosis vaksin. Upaya ini tentunya dilakukan dalam rangka penyediaan dalam bentuk pendekatan bilateral, multilateral, maupun eksplorasi produk dalam negeri, seperti dikutip dari Media Indonesia, Minggu, 20 Juni 2021. 

Saat ini vaksin telah tiba di tanah air terdiri dari vaksin dari Sinovac (94,5 juta dosis, 91,5 juta diantaranya bentuk bulk), AstraZeneca COVAX Facility (8,2 juta dosis), dan Sinopharm (2 juta dosis). Indonesia menggunakan tiga jenis vaksin, yaitu Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm. 

“Kementerian Kesehatan menjamin vaksin covid-19 adalah vaksin yang teruji. Dari sisi aspek keamanan, efikasi, dan mutu. Hal ini ditandai dengan penerbitan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA),” jelas Oscar. 

Baca juga : Info Terbaru! Layanan Vaksin di Sawangan

Hingga saat ini, menurutnya, pemerintah dan masyarakat Indonesia sudah melakukan upaya percepatan dan penguatan dalam upaya vaksinasi Covid-19. Seluruh masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan tetap memakai masker.

Vaksin untuk Indonesia

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi. 

"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim. 

Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.